Bandara Rohil tabloid INFOKU 75



Pembangunan Bandara dilakukan Secara Bertahap
INFOKU, BAGANSIAPIAPI- ROHIL- Bupati Rokan Hilir H Suyatno menegaskan, pembangunan bandara yang berada di Teluk Bano I, Kecamatan Bangko Pusako dilakukan secara bertahap.
Sementara, izin untuk pembangunan sudah disetujui oleh Kementerian Perhubungan RI.
Bahkan Pemerintah Pusat bersedia membangun untuk landasan pacu sepanjang 1.400 meter.
Suyatno menjelaskan, sudah semestinya di  Rokan Hilir memiliki bandara. Pasalnya, Negeri julukan seribu kubah tersebut cukup diperhitungkan, baik di tingkat Provinsi Riau maupun Nasional.
Tambahnya, rencana pembangunan bandara yang digagas oleh Pemkab Rokan Hilir di Kepenghuluan Teluk Bano I, Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir di lakukan secara bertahap.
Saat ini Pemkab Kabupaten Rokan Hilir sedang melakukan investarisasi ganti rugi lahan seluas 130 hektar yang segera tuntas di tahun 2014.
Penegaskan itu, disampaikan langsung oleh Bupati Rokan Hilir H Suyatno. Menurutnya, rencana pembangunan bandara itu telah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat, bahkan pemerintah pusat juga berkomitmen untuk membantu pembiayaan pembangunan bandara tersebut.
Diakuinya saat ini tim sedang melakukan negoisasi terhadap pemilik lahan untuk menuntaskan pembayaran ganti rugi lahan tersebut. Ditargetkan selesai tahun ini juga untuk pembangunan bandara tersebut.
Dimana pemerintah pusat memberikan bantuan sebesar 165 miliyar untuk pembangunan landasan pacu sepanjang 1.400 meter.
Sementara, Pemkab Rohil melakukan pembebasan lahan seluas 148 hektar dengan anggran Rp 10 miliar. Tak cuma itu, Pemkab Rohil juga akan membangun terminal dan penambahan Landasan Pacu dengan panjang 600 meter lagi.
Sehingga total Landasan Pacu tersebut berjumlah 2.000 meter atau berjarak 2 kilo.
Suyatno menambahkan, jika sudah tuntas ganti rugi lahan, maka pembangunan bandara sudah bisa dikerjakan di awal tahun 2014 mendatang.
Suyatno menilai komitmen Pemkab Rohil dalam pembangunan bandara tersebut, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.
Bahkan Pemkab Rohil juga nantinya akan membangun pelabuhan Internasional di wilayah Kecamatan Sinaboi. tandasnya.(Moris)
Lebih lengkap baca model Tabloid
Gambar klik kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru