Proyek INFRASTRUKTUR Desa - tabloid INFOKU



“PIPP Jangan Diborongkan,” Bupati
INFOKU, BLORA= Desa/Kelurahan penerima Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP), Program Penyediaan Air Minum Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) serta Program Urban Sanitation Rural Infrastructure (USRI) dan Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM-DAK) mengikuti Sosialisasi di pendopo rumah Dinas Bupati Blora, Rabu lalu.
Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya meminta agar penerima bantuan bisa menggunakan dana tersebut sesuai dengan yang direncanakan dan pembangunannya pun juga sesuai kebutuhan masyarakat. Reward dari pemerintah pusat ini, lanjutnya agar dilaksanakan yang bagus, jika berhasil Pemkab. Blora juga siap untuk itu.
 “Ingat, pelaksanaanya tidak boleh diborongkan dan jangan lupa tertib administrasi,” tandasnya.
Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat yang juga Plt. Dinas Pekerjaan Umum  Blora, Bondan Sukarno mengungkapkan bahwa pada tahun 2014 ini, ada 18 desa sasaran PPIP, terdiri-dari 3 desa reguler I, 15 desa reguler II yang berasal dari APBN.
“100 % APBD sifatnya hibah, sistem pelaksanaannya swakelola masyarakat,” katanya.
Untuk Pamsimas, lanjutnya ada 22 Desa Penerima, terdiri dari Pamsimas Reguler, Pamsimas Replikasi dan Pamsimas Hibah Intensif Desa (HID) yang menerima ada 10 Desa sasaran. Khusus Pamsimas HID, sebagai reward kepada desa yang tahun lalu menerima dan dinilai berhasil.
“Pamsimas Reguler 80 % APBN 20 % swadaya masyarakat, Pamsimas Replikasi berasal DAU murni APBD 80 %, 20 % sisanya swadaya masyarakat. Dana HIB berasal dari APBDN 80 %, 20 % sisanya hibah Pemkab. Blora,” terangnya.
Program USRI ada 9 desa penerima yang semuanya di Kecamatan Cepu dan Blora Kota yang dana seluruhnya berasal dari APBN yang sifatnya hibah dari pemerintah pusat dan pelaksanaannya dilakukan oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM). Sedangkan SLBM-DAK yang bersumber dari DAK bidang Sanitasi dari Pemerintah Provinsi ada 4 desa sasaran. 
Peserta sosialisasi para Camat dan kepala kelurahan/desa serta 1 orang tokoh masyarakat penerima bantuan. (Endah/TGH)

Lihat Model Cetak Tabloid....
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru